6 Tanda yang Menandakan Anda Karyawan Terbaik

Written by Ade Hendri Saputra 0 komentar Posted in:

6 Tanda yang Menandakan Anda Karyawan Terbaik

Salah satu tujuan kita bekerja adalah untuk mendapat dan menjadi yang terbaik. Kita mengerahkan seluruh tenaga, waktu, dan pikiran supaya bisa fokus pada tugas-tugas kantor. Hingga pada akhirnya kita menuai kesuksesan dari kerja keras yang telah dilakukan.

Sukses dalam bekerja tidak hanya diukur dari materi, tapi juga dari penghargaan. Beberapa perusahaan sering memberikan predikat “ karyawan terbaik” bagi para karyawan yang memiliki kinerja dan produktivitas tinggi.

Seperti yang dikutip dari Cermati.com, berikut adalah hal-hal yang kalau dimiliki menandakan diri Anda layak dipertimbangkan sebagai karyawan terbaik.

1. Sifat Pantang Menyerah yang Melekat pada Diri

Mungkin diri Anda sering melakukan kesalahan saat bekerja. Kesalahan tersebut tidak melulu bernilai negatif. Beberapa kesalahan buktinya ada yang bersifat positif dan dipercaya dapat menghadirkan kekuatan positif, yaitu sifat pantang menyerah.

Sifat tidak mudah menyerah ditunjukkan lewat tugas-tugas yang diberikan atasan. Level tugas yang tidak menentu mungkin sering membuat karyawan lain malas, tapi tidak untuk diri Anda. Tugas dengan level terberat sekalipun akan Anda lakukan dengan sepnuh hati sampai tugas tersebut selesai.

2. Terbuka pada Hal-Hal Baru

Setiap tahun kantor tempat Anda bekerja pasti mengalami perubahan. Entah itu perubahan dari bentuk kepemimpinan atau tata operasional. Perubahan situasi yang terjadi di kantor bukanlah hal yang harus dipandang negatif, melainkan positif. Pada saat inilah mentalmu diuji.

Anda harus dapat beradaptasi pada perubahan untuk mencapai sebuah perubahan.
Terbuka pada hal-hal baru akan membuat diri Anda disenangi banyak orang, terutama atasan. Dengan sifat ini, Anda pun bisa dinobatkan sebagai karyawan terbaik di kantor. Karier pun dipercaya lebih mudah melejit.

3. Mau Menerima Masukan yang Sifatnya Membangun

Masukan dari atasan merupakan makanan wajib bagi para karyawan di kantor. Masukan yang diberikan tidak semata-mata menandakan kinerja buruk. Kebanyakan masukan tersebut merupakan bentuk perhatian atasan kepada bawahan.

Jika Anda termasuk karyawan yang sering diberi masukan, itu tandanya atasan ingin kalau diri Anda semakin baik di kemudian hari. Jadikan masukan ini sebagai bentuk bimbingan tidak langsung agar diri Anda dapat bekerja lebih maksimal di kantor.

4. Bekerja Sesuai Target

Bekerja itu tidak semata-mata untuk kesuksesan diri sendiri, tapi juga kesuksesan perusahaan. Menentukan target saat bekerja sangat penting agar Anda tahu seberapa besar kontribusi yang akan Anda lakukan untuk perusahaan tersebut.

Target akan memudahkan diri Anda untuk menggapai apa saja yang sudah ditetapkan selama bekerja. Dengan target, Anda juga dapat mengetahui pencapaian yang sudah Anda raih sehingga diri Anda dapat menjadi karyawan yang lebih baik dari hari ke hari.

5. Memandang Pekerjaan sebagai Aspek Positif

Pekerjaan yang Anda geluti saat ini termasuk aspek positif. Kenapa? Karena dengan bekerja, Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan bekrja, Anda juga bisa lebih mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. 

Tidak dapat dimungkiri, beban bekerja sangatlah berat. Namun, Anda tidak boleh putus asa begitu saja. Anda harus tetap berjuang untuk mendapatkan hasil terbaik. Sebab pada dasarnya perjuangan dan kerja keras tidak akan pernah sia-sia. Namun, akan membuahkan hasil manis di kemudian hari.

6. Teliti dan Cermat Saat Bekerja

Tugas yang diberikan atasan tidak semata-mata hanya sebatas “selesai” lalu dikumpulkan saja. Anda harus dapat memastikan kalau tugas tersebut terhindar dari kesalahan-kesalahan kecil yang berakibat fatal di kemudian hari.

Misalnya, Anda bekerja di bidang keuangan, Anda harus yakin kalau semua laba yang diperoleh perusahaan sudah dihitung dengan benar. Kalau tidak, perusahaan akan dipandang kurang kredibel oleh perusahaan atau investor.

Berikan apa yang bisa Anda berikan untuk pekerjaan tersebut. Berikan yang terbaik. Cermat dan teliti saat bekerja untuk meminimalkan kesalahan kecil supaya hasil kerja lebih optimal.

Layakkah Anda Menjadi yang Terbaik?

Predikat “karyawan terbaik” tidak diberikan secara sembarangan oleh perusahaan. Efektivitas dan produktivitas kerja merupakan dua hal yang akan mempermudah diri Anda untuk menggapai predikat tersebut.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda memiliki sifat-sifat tersebut? Sudah layakkah Anda diangkat sebagai karyawan terbaik di perusahaan?

0 komentar:

Posting Komentar