Mengulas Beberapa Macam Peralatan Rock Climbing dan Fungsinya

Rock climbing atau panjat tebing merupakan salah satu olahraga ekstrim yang bisa dipilih oleh pecinta olahraga. Jenis olahraga ini akan membutuhkan konsentrasi, kehati-hatian, dan juga tentunya tangan dan kaki yang kuat. Selain mendaki tebing secara langsung biasanya juga ada tebing buatan yang bisa digunakan untuk latihan jenis olahraga yang satu ini. Bagi Anda yang ingin mencoba olahraga yang satu ini tentunya harus ingat untuk selalu menggunakan peralatan yang lengkap. Karena seperti yang telah dijelaskan bahwa olahraga ini merupakan olahraga yang ekstrim dan berbahaya sehingga harus menggunakan prosedur keamanan khusus ketika akan melakukan wall. Dimana beberapa peralatan yang harus digunakan dan fungsi yang diberikan adalah:

1. Tali Karmantel dan Hardness
Peralatan utama yang harus digunakan adalah tali karmantel dan berfungsi untuk pengaman agar tidak jatuh dan menyentuh tanah. Jenis tali karmantel ini mempunyai tiga jenis yaitu statis, dinamis, dan juga tali semi statis dan mempunyai fungsi yang berbeda. Perbedaan tersebut harus diperhatikan karena cocok digunakan untuk jenis olahraga climbing yang akan dipilih. Selanjutnya ada alat hardness yaitu alat yang dapat digunakan untuk menopang tubuh dan diikatkan pada pinggang. Jenis ini merupakan pengaman yang akan dihubungkan dengan tali karmantel.

2. Carabiner dan Ascender
Jenis peralatan yang harus digunakan untuk melakukan olahraga rock climbing selanjutnya adalah carabiner. Jenis alat ini mempunyai bentuk seperti cincin kait yang akan dapat menjadi penghubung untuk tali dan juga anchor untuk pengaman. Alat ini menggunakan bahan alumunium sehingga ringan dan juga kuat. Ketika akan memilih alat ini pastikan yang kuat dan tidak longgar sehingga akan lebih aman ketika digunakan. Alat selanjutnya ada ascender yang merupakan alat untuk membantu pemanjat dapat menaiki lintasan tali. Jenis ini dapat mengunci dan juga dapat melonggar apabila diberi beban.

3. Descender dan Webbing
Descender merupakan alat yang akan digunakan untuk menuruni tali dan mempunyai fungsi untuk dapat menahan laju alat dan juga dapat untuk menjaga pemanjat agar tidak terjun secara bebas. Jenis dari alat ini sendiri ada yang otomatis dan juga manual dengan pilihan seperti figure of eight, autostop, gerigi, dan juga shunt. Sedangkan webbing adalah alat yang mempunyai bentuk seperti pipa dan mempunyai bahan dari nylon. Alat ini mempunyai panjang sekitar 5 meter dan mempunyai fungsi sebagai hardness.

4. Hammer, piton, dan hanger
Hammer merupakan alat selanjutnya yang dapat digunakan untuk menanam atau melepaskan piton dan untuk memaku bolt. Dapat juga digunakan untuk dapat mengencangkan mur dan untuk memasang hanger. Sedangkan piton adalah paku tebing yang mempunyai dua jenis yaitu ada blade dan angel. Alat ini mempunyai fungsi untuk memaku di celah yang besar dan juga kecil tergantung dari jenisnya. Dan ada juga hanger yang merupakan anchor untuk pengaman waktu pemanjatan.

5. Chock and friend, chalk bag, dan sepatu
Alat chock and friend mempunyai fungsi untuk menahan berat badan pada celah batu yang dibuat. Chalk bag biasanya digunakan untuk tempat magnesium sehingga tangan tidak licin ketika memanjat. Dan pemanjat juga membutuhkan sepatu rock climbing khusus yang dapat digunakan untuk mendukung pemanjatan lebih mudah. Untuk mendapatkan sepatu tersebut bisa dibeli di toko olahraga ataupun untuk lebih mudahnya bisa dengan membelinya di berbagai toko online.

0 komentar:

Posting Komentar